Definisi Program dan Pemrograman
1. Program
adalah
Algoritma yang ditulis dalam bahasa komputer.
2. Bahasa
Pemrograman adalah
bahasa komputer yang digunakan dalam menulis program.
3. Pemrogram
adalah orang
yang membuat program komputer.
4. Pemrograman
adalah
kegiatan merancang dan menulis program.
Apa
Perbedaan Belajar Pemrograman dengan Belajar Bahasa Pemrograman??
Pahamilah
bahwa belajar pemrograman tidak sama
dengan belajar bahasa pemrograman.
Belajar pemrograman berarti mempelajari metodologi pemecahan masalah, kemudian
menuliskan algoritma pemecahan masalah dalam notasi tertentu [LIE96].
Sedangkan belajar bahasa pemrograman berarti belajar memakaisuatu bahasa
komputer, aturan tata bahasanya, instruksi-instruksinya, tata cara
pengoperasian compailer-nya, dan
memanfaatkan instruksi-instruksi tersebut untuk membuat program yang ditulis
hanya dalam bahasa itu saja [LIE96].
Bagaimana
Komputer Bisa Menjalankan (Running)
Sebuah Program??
Secara
garis besar komputer tersusun atas 4 komponen utama, yaitu :
1.
Piranti masukan (Input Device)
Piranti
masukan atau input device adalah alat
untuk memasukkan data atau program kedalam memori. Contoh :
·
Papan
ketik (keyboard)
·
Pemindai
(scanner)
·
Tetikus
(mouse)
·
Joystick
·
Cakram
(disk)
2.
Piranti keluaran (Output Device)
Piranti
keluaran atau output device adalah alat yang digunakan komputer untuk
menampilkan hasi-hasil proses. Contoh :
·
Layar
peraga (monitor)
·
Pencetak
(printer)
·
Perajah
(plotter)
·
Cakram
(disk)
3.
Unit pemroses utama
Unit
pemrosesan utama (Central Processing Unit
atau CPU) adalah “otak” komputer
yang berfungsi mengerjakan operasi-operasi dasar seperti operasi perbandingan,
operasi perhitungan, operasi membaca, dan operasi menulis
4.
Memori
Memori
adalah penyimpan program (berisi operasi-operasi yang akan dikerjakan oleh CPU) dan data atau informasi (nilai yang
diolah oleh operasi-operasi).
Mekanisme
kerja keempat komponen diatas dapat dijelaskan dengan menggunakan arsitektur
komputer Von Neuman yang menjadi referensi komputer digital secara umum.
Program disimpan dalam memori komputer. Ketika program dieksekusi (execute), komputer membaca instruksi
didalam program dan mengirimnya ke dalam CPU untuk diproses. Selanjutnya CPU
mengerjakan operasi-operasi yang bersesuaian dengan instruksi tersebut. Bila suatu
instruksi di dalam program meminta data masukan misalnya, maka data dibaca dari
piranti masukan, disimpan dimemori, dan dikirim ke CPU untuk operasi yang
memerlukannya. Bila program menghasilkan luaran, maka luaran tersebut ditulis
ke piranti luaran (misalkan dengan mencetaknya ke layar peraga).
REFERENSI
Rinaldi Munir, Leony Lidya., Algoritma dan Pemrograman dalam bahasa
pascal, C, dan C ++, Informatika,
2016.
0 komentar:
Posting Komentar