PENGENALAN PEMROGRAMAN


Definisi Program dan Pemrograman

1.      Program adalah Algoritma yang ditulis dalam bahasa komputer.
2.      Bahasa Pemrograman adalah bahasa komputer yang digunakan dalam menulis program.
3.      Pemrogram adalah orang yang membuat program komputer.
4.      Pemrograman adalah kegiatan merancang dan menulis program.

Apa Perbedaan Belajar Pemrograman dengan Belajar Bahasa Pemrograman??

Pahamilah bahwa belajar pemrograman tidak sama dengan belajar bahasa pemrograman. Belajar pemrograman berarti mempelajari metodologi pemecahan masalah, kemudian menuliskan algoritma pemecahan masalah dalam notasi tertentu [LIE96]. Sedangkan belajar bahasa pemrograman berarti belajar memakaisuatu bahasa komputer, aturan tata bahasanya, instruksi-instruksinya, tata cara pengoperasian compailer-nya, dan memanfaatkan instruksi-instruksi tersebut untuk membuat program yang ditulis hanya dalam bahasa itu saja [LIE96].

Bagaimana Komputer Bisa Menjalankan (Running) Sebuah Program??

Secara garis besar komputer tersusun atas 4 komponen utama, yaitu :

1.      Piranti masukan (Input Device)
Piranti masukan atau input device adalah alat untuk memasukkan data atau program kedalam memori. Contoh :
·         Papan ketik (keyboard)
·         Pemindai (scanner)
·         Tetikus (mouse)
·         Joystick
·         Cakram (disk)

2.      Piranti keluaran (Output Device)
Piranti keluaran atau output device adalah alat yang digunakan komputer untuk menampilkan hasi-hasil proses. Contoh :
·         Layar peraga (monitor)
·         Pencetak (printer)
·         Perajah (plotter)
·         Cakram (disk)

3.      Unit pemroses utama
Unit pemrosesan utama (Central Processing Unit atau CPU) adalah “otak” komputer yang berfungsi mengerjakan operasi-operasi dasar seperti operasi perbandingan, operasi perhitungan, operasi membaca, dan operasi menulis

4.      Memori
Memori adalah penyimpan program (berisi operasi-operasi yang akan dikerjakan oleh CPU) dan data atau informasi (nilai yang diolah oleh operasi-operasi).


Mekanisme kerja keempat komponen diatas dapat dijelaskan dengan menggunakan arsitektur komputer Von Neuman yang menjadi referensi komputer digital secara umum. Program disimpan dalam memori komputer. Ketika program dieksekusi (execute), komputer membaca instruksi didalam program dan mengirimnya ke dalam CPU untuk diproses. Selanjutnya CPU mengerjakan operasi-operasi yang bersesuaian dengan instruksi tersebut. Bila suatu instruksi di dalam program meminta data masukan misalnya, maka data dibaca dari piranti masukan, disimpan dimemori, dan dikirim ke CPU untuk operasi yang memerlukannya. Bila program menghasilkan luaran, maka luaran tersebut ditulis ke piranti luaran (misalkan dengan mencetaknya ke layar peraga).



REFERENSI

Rinaldi Munir, Leony Lidya., Algoritma dan Pemrograman dalam bahasa pascal, C, dan C ++, Informatika, 2016.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar